SEPAK BOLA

Rekap Hasil Piala AFF U-19 2024: Timnas Australia Diterima ke Semifinal, Vietnam Kalahkan Laos 4-1

Jakarta – Timnas Australia U-19 menang dengan skor tipis satu-nol melawan Myanmar pada laga terakhir penyisihan Grup B Piala AFF U-19 2024. Hasil ini menegaskan Australia melaju ke fase semifinal Piala AFF U-19 2024 atau ASEAN U-19 Boys Championship.

Pada pertandingan yang dimaksud dilakukan pada Stadion Gelora 10 November Surabaya, Rabu sore, 24 Juli 2024, kedua pasukan segera memberikan permainan impresif sejak awal pertandingan. Jual beli serangan pun tak terelakkan.

Beberapa kali pemain dari kedua tim, yakni Adam Burgarija dari Australia kemudian Win Pyae Maung dari Myanmar menyebabkan prospek dalam area kotak penalti masing-masing lawan.

Australia baru sanggup unggul lewat sundulan Medin Memeti pada menit ke-35. Berawal dari tendangan bebas yang mana diambil oleh Adam Burgarija, bola membentur mistar gawang Myanmar dan juga Memeti yang mana berada di dalam depan gawang Saw Kyaw Khan tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

Di penghujung sesi pertama justru pemain belakang Myanmar Phyo Pyae Sone diberikan kartu merah setelahnya melanggar salah satu pemain Australia pada menit ke-45+1. Hingga wasit meniup peluit tanda turun minum skor sementara masih satu-nol untuk keunggulan Australia.

Pada fase kedua, Myanmar yang dimaksud belaka bermain dengan 10 pemain masih memilih menyerang pertahanan Australia pada lima menit pertama.

Namun, Dylan Paul lalu kawan-kawan juga menunjukkan taringnya sebagai juara sementara Grup B. Terbukti dua kali anak asuh Aung Naing harus berjibaku menahan gempuran Australia setelahnya Luke Anthony menendang bola ke arah gawang lalu membentur mistar.

Tidak sampai situ, pasca bola membentur mistar gawang, giliran Memeti menendang bola namun berhasil dihalau oleh pemain belakang Myanmar Lat Wai Phone yang sigap secara langsung menyelamatkan gawang.

Pada menit ke-53, kelompok berjuluk Young Socceroos miliki potensi menggandakan keunggulan melalui sepakan Memeti, namun dianulir wasit akibat dianggap offside. Meskipun Myanmar kemudian bermain lebih banyak defensif, namun sesekali melakukan serangan balik yang tersebut mampu mengancam pertahanan Australia.

Hingga wasit dengan syarat Thailand Songkraan Bunmeekiart meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor tetap saja satu gol tanpa balas untuk kemenangan Australia. Pada laga Grup B lainnya, Vietnam U-19 berhasil mengalahkan lawannya Laos dengan skor telak 4-1.

Dari hasil kedua pertandingan, Australia berhak menempati peringkat pertama Grup B dengan total sembilan poin. Di semifinal, anak asuh Trevor Morgan itu akan bertemu peringkat kedua Grup C yang tersebut akan berlangsung antara Malaya lawan Thailand pada Kamis, 25 Juli 2024, pukul 15.00 WIB. Myanmar harus puas menempati peringkat ketiga dengan mengoleksi dua poin, disusul Laos dengan satu poin.

Susunan Pemain

Timnas Myanmar U-19:
Saw Kyaw Khan No (PG), Lat Wai Phone, Samuel Ngai Kee, Naing Win Tun, Swan Htet (C), Min Maw Oo, Win Pyae Maung, Shine Wanna Aung, Tun Tun Thein, Phyo Pyae Sone, Hlwan Htet Tun
Pelatih: Aung Naing

Timnas Australia U-19:
Max Domenic Vartuli (PG), Ben Ryan Van Dorssen, Lucas Herrington, Pearson Kasawaya, Kavian Rahmani, Luke Anthony Vickery, Zane Sam Helweh, Medin Memeti, Xavier Nicholas Stella, Adam Bugarija, Dylan Paul Leonard (C)
Pelatih: Trevor Morgan

VIETNAM KALAHKAN LAOS 4-1

Timnas Vietnam mencukur Laos dengan skor 4-1 pada laga terakhir Grup B Piala AFF U-19 di area Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Anak asuh ahli Hua Hien Vinh mendominasi laga sejak awal juga merekan secara langsung membuka keunggulan pada menit ke-5 melalui tap in mudah Nguyen Hoang Anh.

Pada menit ke-21, Vietnam menambah keunggulan mereka itu ketika tendangan jarak jarak jauh Hoang Quang Dung tak sanggup diamankan kiper Laos Soulisak Manpaseuth. Setelah unggul dua gol, pertahanan Vietnam lengah ketika back pass bek merek Nguyen Quoc Khanh terhadap kiper tak sempurna.

Hal ini lalu dimanfaatkan Peeter Phanthavong yang mana kemudian mencuri bola dengan cepat kemudian melintasi kiper Pham Dinh Hai sebelum memasukkan bola ke gawang yang dimaksud telah kosong. Laos memperkecil kedudukan menjadi 1-2 lalu skor ini bertahan hingga turun minum.

Pada putaran kedua, The Golden Stars berjuang mencuri gol untuk mengamankan tiga poin perdana mereka. Usaha Vietnam baru tercipta pada menit ke-77 melalui aksi kapten merek Nguyen Cong Phuong yang dimaksud mengecoh satu pemain terlebih dahulu sebelum menaklukkan Soulisak Manpaseuth untuk ketiga kalinya.

Enam menit kemudian, setelahnya mencatatkan namanya ke papan skor, Nguyen Cong memberikan assist cantik untuk gol keempat timnya yang dimaksud dicetak pemain pengganti Phung Van Nam. Di sisa laga, tak ada gol tambahan tercipta kemudian skor 4-1 untuk kemenangan Vietnam menjadi skor akhir laga.

Kemenangan ini menyebabkan Vietnam mengakhiri Grup B Piala AFF U-19 2024 pada kedudukan kedua dengan empat poin, selisih lima poin dari Australia U-19 yang digunakan lolos ke semifinal sebagai pemuncak klasemen dengan sembilan poin.

Related Articles

Back to top button