SEPAK BOLA

Prediksi Indonesia vs Australia dalam Kualifikasi Piala Bumi 2026: Jadwal Live, Berita Terkini, H2H, Prediksi Susunan Pemain

TEMPO.CO, DKI Jakarta – Duel Timnas Indonesia vs Australia akan tersaji pada pertandingan kedua putaran ketiga fase Kualifikasi Piala Planet 2026. Laga ini akan berlangsung di tempat Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Selasa, 10 September 2024, pukul 19.00 Waktu Indonesia Barat juga disiarkan secara segera oleh RCTI dan Vision+.

Australia memiliki rekor bagus ketika menghadapi pasukan asuhan Shin Tae-yong. Tim berjuluk Socceroos itu tak terkalahkan di sembilan pertandingan lalu punya potensi besar untuk menunda dominasi dia pada 40 tahun terakhir. 

Namun, Timnas Indonesia bukanlah lawan yang tersebut mudah ketika ini. Skuad Garuda mengawali langkah dalam putaran ketiga dengan hasil imbang 1-1 menghadapi Arab Saudi di dalam King Abdullah Sports City pada Hari Jumat dinihari, 6 September 2024. Pemain KV Mechelen, Sandy Walsh, berhasil mencetak gol pada menit ke-19 sebelum Musab Fahd Aljuwayr mencetak gol penyeimbang. 

Indonesia datang ke putaran ketiga kualifikasi pasca berhasil finis dalam peringkat kedua Grup F putaran kedua. Skuad Garuda mengantongi 10 poin dari enam pertandingan. Tim Merah Putih cuma kalah bersaing dari Irak yang tersebut mengundurkan diri dari sebagai juara grup.

Pada laga menghadapi Arab Saudi, Indonesia belaka menguasai bola 34 persen lalu dipaksa bertahan pada waktu yang dimaksud lama. Arab Saudi mengurangi 18 tembakan, tetapi hanya sekali empat yang dimaksud tepat sasaran dengan lahirnya dua potensi besar.

Adapun Indonesia mengurangi delapan tembakan kemudian dua percobaan tepat sasaran. Hasil imbang yang disebutkan berarti menghasilkan skuad Garuda cuma kalah sekali pada enam pertandingan kualifikasi Piala Planet zona Asia. Mereka menang tiga kali serta seri dua kali.

Namun, performa kandang Indonesia mengkhawatirkan. Tim Merah Putih hanya saja menang dua kali, seri satu kali dan juga kalah lima kali di delapan pertandingan kandang terakhir.

Australia, pada sisi yang lain, menderita kekalahan 0-1 pada waktu menghadapi Bahrain pada Cbus Super Stadium pada laga pembuka fase grup. Mereka kalah meskipun menguasai 71 persen bola. Pemain bertahan milik Sheffield United Harry Souttar mencetak gol bunuh diri yang tersebut menimbulkan regu asuhan Graham Arnold menderita kekalahan. 

Tim Negeri Kangguru menikmati rekor kemenangan 100 persen pada putaran kedua. Mereka mengantongi enam kemenangan pada enam pertandingan serta memuncaki Grup I dengan selisih 10 poin. 

Rekor tandang Socceroos juga terbilang mengesankan. Australia meraih kemenangan lima pertandingan tandang terakhir lalu sudah mencatatkan lima clean sheet.

Berita Terkini Tim

Tuan rumah kemungkinan akan bermain tanpa gelandang Thom Haye, yang dimaksud digantikan pada menit ke-56 pada waktu melawan Arab Saudi. Ia digantikan Marselino Ferdinan.

Ivar Jenner dapat bergabung dengan Marselino Ferdinan di dalam lini tengah, sementara bek berada dalam Rizky Ridho Ramadhani, Jay Idzes lalu Justin Hubner mampu menjadi pengawal lini pertahanan bersatu kiper Maarten Paes.

Sedangkan untuk Australia, Mitchell Duke sanggup menggantikan Kusini Yengi yang mana terkena sanksi pada waktu laga melawan Bahrain. Sementara itu, Martin Boyle serta Craig Goodwin mampu bermain di tempat sayap. Di tempat lain, Aiden O’Neill lalu Jackson Irvine bisa saja bermain dalam lini berada dalam bersatu Connor Metcalfe.

Para pemain Timnas Australia berbaris sebelum pertandingan Piala Asia AFC Babak 16 Besar Australia vs Indonesia di area Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Qatar, 28 Januari 2024. REUTERS/Molly Darlington

Head-to-Head

  • Australia benar-benar mendominasi sepanjang sejarah pertandingan menghadapi Indonesia. Socceroos meraih 15 kemenangan dari 19 rapat terakhir antara kedua negara.
  • Indonesia cuma berhasil meraih satu kemenangan pada kurun waktu tersebut, yang dimaksud diraih pada bulan Agustus 1981. Saat itu, Indonesia mengalahkan Socceroos satu gol tanpa balas pada kualifikasi Piala Dunia, sementara tiga pertandingan berakhir imbang.
  • Australia bukan terkalahkan di sembilan pertandingan melawan pasukan Shin Tae-yong, dengan meraih delapan kemenangan lalu satu hasil imbang.
  • Indonesia tidak ada terkalahkan pada lima dari enam pertandingan terakhir di area semua kompetisi. Mereka meraih tiga kemenangan kemudian dua hasil imbang sejak bulan Maret.

Perkiraan Susunan Pemain

Indonesia: Maarten Paes; Rizky Ridho, Jay Idzes, Justin Hubner; Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, Sandy Walsh, Calvin Verdonk; Witan Sulaeman, Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick.
Pelatih: Shin Tae-yong

Australia: Mathew Ryan; Kye Rowles, Alessandro Circati, Aziz Behich, Harry Souttar; Aiden Connor O’Neill, Connor Metcalfe, Jackson Irvine; Martin Boyle, Craig Goodwin, Mitch Duke.
Pelatih: Graham Arnold

Prediksi Indonesia vs Australia

Meski Timnas Indonesia berhasil meraih hasil imbang melawan Arab Saudi, performa mereka itu di tempat kandang sendiri terbilang cukup mengkhawatirkan.

Selain itu, Australia berharap dapat membuktikan bahwa kekalahan melawan Bahrain adalah kebetulan. Socceroos diprediksi sanggup mengamankan tiga poin di pertandingan pada Stadion Utama Gelora Bung Karno tersebut. Prediksi: Indonesia 0-2 Australia. 

SPORTSKEEDA | SPORTSMOLE

Duel Indonesia vs Australia di tempat Kualifikasi Piala Dunia, Harry Souttar Sudah Lupakan Kekalahan dari Bahrain

Related Articles

Back to top button