SEPAK BOLA

Polemik Naturalisasi, Cristian Gonzales: Banyak Pengorbanan Bela Timnas Indonesia

Cristian Gonzales angkat bicara perihal polemik pemain naturalisasi yang membela Timnas Indonesia . Dia menegaskan status pemain naturalisasi tak mengubah pikirannya untuk tidaklah memberikan yang terbaik buat Timnas Indonesia.

“Naturalisasi tidaklah gampang sejumlah pengorbanan agar sanggup membela timnas serta bermain dengan hati ketika membela Timnas Indonesia selalu saya berikan di area setiap pertandingan,” tulis Gonzales disitir dari akun Instagram pribadinya (@el_locogoliadorcg10_), Hari Jumat (13/9/2024).

Timnas Indonesia belakangan dikritik lantaran terlalu banyak menyertakan pemain naturalisasi. Salah satu kritikan itu dilayangkan mantan Duta Besar Indonesia untuk Polandia, Peter Gontha.


Peter Gontha bahkan menuding beberapa pemain naturalisasi mempunyai paspor ganda, sehingga dia akan kembali ke negara jika ketika sudah ada selesai membela Timnas Indonesia. Namun, tudingan ini dibantah oleh Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga.

“Pemain kelompok etnis yang tersebar di berbagai negara itu punya darah Indonesia. Bahkan ada bapak atau ibunya itu orang Indonesia. Maluku, Manado asli. Kok dapat mempertanyakan dia kemudian kebangsaan. Mereka telah kami urus sesuai hukum kita. Mereka dapat warga negara, kemudian dibawa ke FIFA, pindah federasi,” kata Arya Sinulingga di dalam TikTok pribadinya.

“Ada tadi nanya-nanya paspornya. Ketika masuk Indonesia pakai paspor Indonesia, meninggalkan juga paspor Indonesia. Udah lah ga usah bikin kontroversi yang engga bener,” imbuh Arya.

Related Articles

Back to top button