SEPAK BOLA

Klarifikasi Indra Sjafri Usai Timnas U-20 Indonesia vs Thailand Berakhir dengan Kekalahan 0-2

Jakarta – Timnas U-20 Indonesia gagal melanjutkan tren kemenangan pada laga kedua Seoul Earth on Us Cup 2024 ketika menghadapi Thailand di dalam Mokodong Stadium, Seoul, Korea Selatan, Jumat, 30 Agustus. Turun dengan susunan pemain berbeda dari pertandingan sebelumnya, Skuad Garuda kalah 0-2.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-20 mencatat kemenangan 2-1 dari Argentina. Mereka mampu bangkit dari ketertinggalan satu gol pada fase pertama dengan mencetak dua gol balasan di tempat putaran kedua. Dalam laga itu, kedua gol dicetak oleh Kadek Arel juga Maouri Simon lewat tendangan penalti.

Saat menghadapi Thailand, instruktur Indra Sjafri menurunkan beberapa pemain yang dimaksud sebelumnya tak dimainkan sebagai starter, termasuk kiper I Wayan Arta Wiguna kemudian bek Rahmat Syawal. Setelah itu, usai jeda pergantian babak, ia melakukan pergantian empat pemain sekaligus. Dia memasukkan penjaga gawang Rifky Tofani, Meshaal Hamzah Bashier Osman, Aditya Warman, serta Camara Ousmane. 

Di sesi pertama, gawang pasukan asuhannya kebobolan pada menit kesepuluh oleh Caelan Ryan. Gol ini terjadi oleh sebab itu kesalahan pemain belakang pada waktu mengoper bola di dalam kotak, sehingga bisa saja diserobot pemain Thailand juga akhirnya berkahir dengan gol untuk kelompok lawan. 

Timnas U-20 Indonesia tak dapat mencetak gol balasan pada fase pertama, bahkan kesempatan gol pun tak banyak dihasilkan. Mereka cenderung tertekan juga sulit mengembangkan permainan. 

Di putaran kedua, permainan berubah membaik. Pasukan Garuda bermain agresif. Sejumlah potensi mampu diciptakan dengan berulang kali mampu memberikan ancaman lewat serangan cepat. 

Namun, Kadek Arel serta rekan-rekannya tetap saja tak bisa jadi mencetak gol balasan. Bahkan, mendekati akhir laga, ketika tambahan waktu, gawang Indonesia kembali kebobolan oleh aksi individu Rattapoom Pankejohn. 

Seusai pertandingan, Indra Sjafri menjelaskan perihal alasannya melakukan inovasi kelompok untuk pertandingan melawan Thailand. Ia menegaskan, apa yang mana dilakukannya oleh sebab itu memang sebenarnya tujuan mengikuti kejuaraan ini untuk persiapan kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

“Pertama, lawan Thailand, kami turun dengan line up berbeda, dikarenakan tujuan kami di tempat kejuaraan ini adalah mencoba pemain baru yang mana itu penting sekali untuk mengambil kesimpulan, apakah mereka itu benar-benar berkualitas atau tidak. Jadi memang benar ada perubahan,” kata Indra seperti diambil dari rekaman konferensi pers yang dimaksud dibagikan kelompok media PSSI, Jumat.

“Yang kedua, kami coba putaran kedua untuk melakukan pergantian. Ada dua sampai tiga pemain baru,” kata beliau menambahkan. 

Saat pertandingan melawan Thailand, Ji Dan Bin yang digunakan turun dari bangku cadangan pada menit ke-72 tak bisa saja bermain penuh. Dia ditandu meninggalkan lapangan pada menit ke-86 pasca tampak kesakitan sembari memagang lutut kanannya usai bentrok dengan pemain Thailand.

Mengenai kondisi Ji Da Bin, Indra belum bisa jadi memverifikasi bagaimana kondisi cedera pemainnya tersebut. “Masih diobservasi pasukan dokter, nanti akan dilaporkan ke saya.” 

Setelah Da Bin pergi dari lapangan, Skuad Garuda bermain dengan 10 pemain. Menyinggung tentang itu, Indra mengakui hal itu tentu menjadi masalah. Namun, ia menyatakan bahwa timnya banyak melakukan simulasi bagaimana bermain dengan 10 pemain. Jadi, kata dia, sebenarnya hal itu sudah ada diantisipasi.

Timnas U-20 Indonesia masih miliki satu laga tersisa dalam kompetisi Seoul Earth on Us Cup 2024, yakni menghadapi regu tuan rumah Korea Selatan pada Minggu, 1 September nanti. 

Terkait persiapan untuk laga pamungkas itu, Indra mengungkapkan timnya akan mempersiapkan diri dengan baik. “Kami punya waktu satu hari untuk istirahat, kami akan gunakan untuk persiapan dan juga akan memberikan susunan terbaik,” ujarnya. 

Jadwal Timnas U-20 Indonesia di tempat Seoul Earth on Us Cup 2024

Rabu, 28 Agustus 2024
14.00 WIB: Timnas U-20 Indonesia vs Argentina, skor 2-1 

Jumat, 30 Agustus 2024
14.00 WIB: Timnas U-20 Indonesia vs Thailand, skor 0-2

Minggu, 1 September 2024
17.30 WIB: Timnas U-20 Indonesia vs Korea Selatan 

Related Articles

Back to top button