SEPAK BOLA

Jens Raven Kemungkinan Jadi Pilihan Utama Timnas U-19 Indonesia dalam Semifinal Piala AFF U-19 2024

Jakarta – Pelatih Timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri, tak menghentikan kemungkinan kembali memainkan Jens Raven sebagai pemain utama pada fase semifinal ASEAN U-19 Championship atau Piala AFF U-19 2024. Menurut dia, Raven mulai menemukan irama di tempat lini depan Timnas U-19 Indonesia.

Penyerang kelahiran Belanda itu menceploskan dua gol ketika Garuda Muda membantai Timor Leste U-19 pada laga pamungkas Grup A ASEAN U-19 Championship 2024 di dalam Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa, 23 Juli 2024. Dengan demikian, Raven saat ini menjadi salah satu top scorer Timnas U-19 Indonesia.

Raven telah mencetak tiga gol. Catatan itu setara Kadek Arel Priyatna kemudian Muhammad Iqbal Gwijangge. Sebelumnya, ia juga mencatatkan nama dalam papan skor pada laga pembuka kontra Filipina U-19.

Menit bermain Jens Raven terus meningkat seiring waktu.  Dia cuma tampil 20 menit terakhir melawan Filipina, bertambah menjadi 45 menit putaran kedua versus Kamboja U-19, hingga akhirnya main penuh 90 menit kontra Timor Leste U-19.

Indra mengungkapkan meningkatnya menit bermain memang benar bagian dari rencananya. Bukan tak menghargai kualitas, ia mengaku masih membiarkan sang pemain beradaptasi secara perlahan.

“Sesuai dengan rencana kami, untuk Jens tampil di dalam Timnas U-19, kami betul-betul akan memberikan kesempatan ia secara bertahap. Dari awal kita telah bicara dengan Jens. Pertama, alasannya lantaran ia perlu adaptasi,” kata dia.

Kesabaran berbuah. Jens Raven mulai bermain secara padu dengan rekan-rekannya juga kian berbahaya dalam depan gawang lawan. Striker 18 tahun itu juga memperlihatkan jiwa kolektif ketika memberi assist terhadap Arkhan Kaka, di tempat ketika dirinya berpeluang mengukir catatan tiga gol kontra Timor Leste U-19.

“Ada progres positif yang dimaksud dilihatkan oleh Jens Raven, termasuk tadi yang digunakan disampaikan, beliau tidak ada egois. Saya setuju. Sama seperti beliau bikin gol pertama buat Timnas Indonesia sebab bukan egoisnya (Riski) Afrisal. Tentu itu yang dimaksud kami mau,” kata Indra.

Berikutnya, Timnas U-19 Indonesia akan menghadapi satu di area antara Negara Malaysia U-19 atau Thailand U-19 di tempat semifinal ASEAN U-19 Championship 2024. Pemenang antara Negara Malaysia kemudian Thailand akan menjadi lawan Garuda Muda di tempat fase semifinal Piala AFF U-19 2024.

Indra Sjafri sangat kemungkinan besar memasang Jens Raven lagi sebagai striker utama pasca mengevaluasi tiga pertandingan di dalam fase grup. “Yang penting regu ini di area semifinal kita benar-benar berhitung, seperti apa sih skuad terbaik kita, juga cara bermainnya seperti apa nanti yang tersebut akan kita lakukan. Tentu juga menanti lawannya siapa,” ujar dia.

Pilihan Editor: Timnas Argentina Kalah dari Maroko pada Laga Utama Olimpiade Paris 2024, Javier Mascherano: Sirkus Terbesar

Related Articles

Back to top button