OLAHRAGA

Hasil Bola Voli Olimpiade Paris 2024: Memenangkan Dramatis, Italia juga Prancis akan Berduel di dalam Semifinal

TEMPO.CO, Ibukota Indonesia – Tensi tinggi tersaji pada pertandingan fase perempat final voli putra Olimpiade Paris 2024 di tempat Paris Expo Porte de Versailles antara Italia versus Jepun lalu Prancis melawan Jerman. Tim Voli Putra Italia, yang datang ke Paris sebagai unggulan keempat, harus menantang unggulan kedua, Jepang. Namun, Gli Azzurri mampu lolos dari lubang jarum setelahnya berhasil membalikkan keadaan.

Simone Giannelli kemudian kawan-kawan mampu bangkit. Sempat kalah dua set kemudian nyaris tersisih usai tertinggal di tempat set ketiga, sang juara dunia 2022 berhasil mengubah keadaan. Setelah unggul di area set pertama, Jepun kian nyaman kemudian melanjutkan momentumnya pada set kedua. Saat tampaknya Yuki Ishikawa cs akan menang 3-0, Italia justru mampu bangkit di dalam saat-saat kritis.  

Pada akhirnya Gli Azzurri pergi dari sebagai pemenang berkat kesuksesan merebut set tiga hingga lima dengan skor 3-2 (20-25, 23-25, 27-25, 26-24, 17-15), yang mana diraih lewat kerja ekstra keras. “Itu luar biasa. Laga hampir selesai (untuk kemenangan Jepang), tetapi kami mampu melakukan comeback, dan juga saya masih bukan habis pikir bagaimana itu sanggup terjadi,” kata opposite Italia Yuri Romano.

“Benar-benar menghasilkan frustrasi. (Jepang) adalah salah satu kelompok terbaik dalam dunia,” kata setter sekaligus kapten Gli Azzurri Simone Giannelli menambahkan.  

Pada pertandingan perempat final lainnya, tuan rumah Prancis juga dipaksa bekerja keras setelahnya sempat tertinggal 0-2 dari Jerman. Saat tekanan membesar, Les Blues perlahan bangkit mengejar ketertinggalan. Mereka berhasil merebut set ketiga sebelum mengeklaim set keempat untuk memaksakan pertandingan lanjut ke set kelima atau penentuan. 

Pasukan Andrea Giani yang tersebut sukses menuntaskan comeback luar biasa untuk menyegel tiket semifinal, dengan skor akhir 3-2 (18-25, 26-28, 25-20, 25-21, 15-13).  Kebangkitan yang dimaksud bisa saja diwujudkan tak lepas berkat sumbangan dua outside hitter senior Prancis, Earvin Ngapeth lalu Trevor Clevenot, yang tersebut menyumbangkan total 41 poin pada lima set. 

“Pertandingan yang benar-benar sulit. Kami harus berjuang sampai akhir. Merupakan kesuksesan besar bagi kami untuk mencapai semifinal, tetapi kami masih ingin lebih,” ujar kapten Prancis Benjamin Toniutti.

Dengan melaju ke sesi empat besar, Les Bleus terus menjaga peluangnya untuk mempertahankan status sebagai juara bertahan Olimpiade. Pada edisi Tokyo 2020, merek berhasil menyabet medali emas. Selain Italia versus Prancis, semifinal voli putra juga akan mempertemukan dua regu kuat lainnya, Polandia dan juga Amerika Serikat yang digunakan lolos usai masing-masing membungkam Slovenia (3-1) lalu Brasil (3-1). 

Pilihan Editor: Muhammad Kafiatur Rizky Dapat Apresiasi dari Pemkot Tangerang Selatan pasca Bawa Timnas Indonesia U-19 Juarai Piala AFF

Related Articles

Back to top button