SEPAK BOLA

Aturan Baru dalam Sepak Bola Olimpiade Paris 2024: Hanya Kapten Tim yang Boleh Berkomunikasi dengan Wasit

Jakarta – FIFA menetapkan aturan yang menyebutkan bahwa hanya sekali kapten regu yang dimaksud diperbolehkan berbicara kemudian mendiskusikan tindakan dengan wasit selama Olimpiade Paris 2024. Aturan yang disebutkan pertama kali diterapkan pada Kejuaraan Eropa atau Euro 2024 pada Juni lalu.

FIFA mengupayakan penerapan aturan mirip untuk pelaksana kompetisi secara global. Badan sepak bola dunia itu menilai UEFA berhasil memperluas pendekatan baru ini ke semua kompetisi mereka itu untuk memfasilitasi komunikasi yang tambahan jelas.

“Tanpa wasit tiada ada sepak bola. Melindungi ofisial pertandingan juga menegaskan dia diperlakukan dengan hormat merupakan hal mendasar bagi masa depan pertandingan,” kata presiden FIFA Gianni Infantino, diambil dari Reuters, pada Rabu, 24 Juli 2024.

“Menerapkan langkah-langkah seperti ini sangat penting di menjaga semangat sepak bola lalu melindungi mereka itu yang menjunjung aturan pertandingan,” kata Infantino mengenai aturan yang tersebut diberi nama ‘Captain Only’.

Badan sepak bola dunia menambahkan mereka akan terus memantau dampak dari aturan Captain Only. “Ini adalah langkah penting berdasarkan gagasan menyeluruh untuk lebih banyak meningkatkan keadilan serta rasa hormat pada sepak bola sambil memungkinkan adanya dialog terbuka antara wasit juga tim,” kata Ketua Komite Wasit FIFA Pierluigi Collina.

“Seperti yang digunakan telah terjadi kita lihat pada masa lalu, langkah-langkah yang mana membela sepak bola akhirnya diterima,” ucap mantan wasit legendaris jika Italia tersebut.

Turnamen sepak bola Olimpiade Paris 2024 dimulai pada hari Rabu, 24 Juli 2024. Timnas Spanyol menghadapi Uzbekistan di area Parc des Princes, Paris, sementara Argentina menghadapi Maroko pada Saint-Etienne.

Wasit Istvan Kovacs memberikan kartu ikterus pada asisten instruktur Rep Ceko pada pertandingan Grup F Euro 2024 dalam Hamburg Volksparkstadion, Hamburg, 27 Juni 2024. REUTERS/Annegret Hilse.

Pilihan Editor: Piala AFF U-19 2024: Indra Sjafri Puji Jens Raven, Berharap Kepercayaan Diri Arkhan Kaka Kembali

Related Articles

Back to top button