SEPAK BOLA

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Dapat Golden Visa dari Presiden Jokowi

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mendapatkan golden visa dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Juru taktik jika Korea Selatan itu menerimanya secara simbolis pada Ritz-Carlton, DKI Jakarta Selatan, Kamis, 25 Juli 2024, sesaat pasca sarana itu diluncurkan.

Jokowi mengungkapkan pemerintah mengharapkan golden visa Indonesia ini dapat memberi kemudahan bagi warga negara asing pada berinvestasi kemudian berkarya di tempat Tanah Air. Ia mengingatkan pemberian infrastruktur ini belaka untuk good quality travelers, sehingga harus benar-benar selektif.

“Saya berharap golden visa dapat segera disosialisasikan sehingga dapat terjangkau top pemodal juga top global talent,” kata beliau di acara peluncuran prasarana tersebut. 

“Tapi, benar-benar dilihat kontribusinya, jangan sampai justru meloloskan orang-orang membahayakan keamanan negara, orang-orang yang digunakan bukan memberi kegunaan secara nasional,” katanya menambahkan.

Kebijakan golden visa disahkan pada 30 Agustus 2023, yang mana diberikan sebagai dasar pemberian izin tinggal pada jangka waktu lima hingga 10 tahun. 

Bagi pemegang bisa jadi ini dapat menikmati banyak khasiat eksklusif dari jenis visa ini, di area antaranya jangka waktu tinggal lebih lanjut lama, kemudahan pergi dari serta masuk Indonesia, juga efisiensi dikarenakan tidaklah perlu lagi mengurus izin tinggal terbatas ke kantor imigrasi.

Klasifikasi visa ini diperuntukkan orang asing berkualitas yang akan bermanfaat di perkembangan sektor ekonomi negara. Salah satunya adalah penanam modal baik korporasi maupun perorangan. 

Presiden Jokowi meluncurkan Golden Visa Indonesia. Pelatih Timnas Sepak Bola jika Korea Selatan Shin Tae-yong menerima secara simbolis di area Hotel Ritz Carlton, DKI Jakarta Selatan, Kamis, 25 Juli 2024. TEMPO/Daniel A. Fajri

Begini Reaksi Shin Tae-yong Dapat Golden Visa dari Presiden Jokowi

Shin Tae-yong mengatakan, dengan pemberian golden visa ini ia bertekad untuk bekerja lebih tinggi keras demi kiprah sepak bola Indonesia. “Dengan diberikan oleh Pak Presiden golden visa ini, saya merasa harus bekerja lebih banyak keras lagi untuk sepak bola Indonesia,” kata Shin ditemui usai peluncuran golden visa pada Jakarta, Kamis, 25 Juli 2024, seperti diambil dari Antara.

“Memang sepak bola Indonesia pada waktu ini masih di dalam bawah ya secara rankingnya, tetapi harus lebih banyak kerja keras lagi agar dapat menantang Piala Global yang akan datang nanti,” ujarnya.

Menurut dia, golden visa yang tersebut diberikan merupakan bentuk pengakuan pemerintah lalu publik Indonesia untuk dirinya. “Pertama, saya bangga dengan diri saya, artinya sudah ada bekerja selama 4,5 tahun oleh sebab itu artinya mendapatkan pengakuan baik dari rakyat lalu Pak Presiden langsung,” ujar Shin. 

Shin Tae-yong sebelumnya menikmati masa liburan di dalam negara asalnya, Korea Selatan, seusai menjadi pemimpin Timnas Indonesia di pertandingan putaran kedua kualifikasi Piala Bumi 2026 zona Asia Juni lalu. 

Kemenangan berhadapan dengan Filipina 2-0 menyusul kekalahan dari Irak 0-2 di tempat dua pertandingan yang berlangsung di tempat Ibukota Indonesia pada Juni lalu memproduksi Skuad Garuda melenggang ke putaran ketiga kualifikasi Piala Global 2026 zona Asia. Timnas Indonesia akan menjalani laga melawan Arab Saudi kemudian Australia pada 5 kemudian 10 September mendatang. 

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong diangkat oleh pemain Timnas usai mengalahkan Filipina pada laga kualifikasi Piala Bumi 2026 di tempat Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa, 11 Juni 2024. TEMPO/ Febri Angga Palguna

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi mengungkapkan keinginannya agar pembimbing Timnas Indonesia itu secepatnya mempersiapkan untuk pertandingan kualifikasi Piala Planet 2026 pda September. Namun, ia tak sanggup datang segera oleh sebab itu harus menjalani operasi besar pada negaranya pasca didiagnosis menderita penyakit pleuritis atau peradangan pada selaput pembungkus paru-paru. 

RANDY FAUZY FEBRIANSYAH | ANTARA

Related Articles

Back to top button