OLAHRAGA

Olimpiade Paris 2024: Mijain Lopez Nunez Pecahkan Rekor 5 Medali Emas Carl Lewis juga Michael Phelps

TEMPO.CO, Ibukota – Pegulat Kuba Mijain Lopez Nunez mengukir sejarah di tempat Olimpiade Paris 2024. Ia menjadi atlet pertama yang mana meraih kemenangan lima medali emas perorangan berturut-turut di cabang olahraga yang sama.

Ia memecahkan rekor atlet ikonik Olimpiade seperti Carl Lewis serta Michael Phelps. Dikutip dari AFP, Lopez mengalahkan perwakilan Chile Yasmani Acosta pada final cabang olahraga gulat nomor Greco-Roman 130 kg Olimpiade Paris pada Rabu, 7 Agustus 2024.

Lopez memecahkan rekor empat medali emas Olimpiade perorangan berturut-turut yang digunakan diraih Carl Lewis (atletik/lompat jauh), Michael Phelps (renang/gaya ganti 200 m), Katie Ledecky (renang/gaya bebas 800 m), Al Oerter (atletik/cakram), Paul Elvstrom (berlayar) dan juga Kaori Icho (gulat).

Dalam enam penampilan Olimpiade, Lopez sekarang ini telah lama meraih 22 kemenangan serta cuma satu kekalahan yang terjadi pada perempat final Olimpiade Athena 2004. Mulai dari edisi Beijing 2008, dominasi Lopez tak terhentikan hingga hari ini.

“Beijing adalah tentang masa muda, London adalah tentang transendensi, Rio tentang kerja keras, Tokyo adalah tentang pengorbanan, lalu Paris berarti kegembiraan. Untuk mencapai semua hasil ini, seseorang harus mencintai olahraganya, mencintai pekerjaannya, juga menunjukkan terhadap dunia bahwa dengan sedikit hal Anda dapat mencapai hal-hal hebat,” ujar Lopez menambahkan.

Lopez, yang digunakan akan menginjak usia 42 tahun, sebenarnya telah dilakukan mengumumkan untuk pensiun usai Olimpiade Tokyo 2020. Namun, ia kembali ke olahraga gulat lagi dikarenakan masih mempunyai keinginan untuk mencetak kemenangan bersejarah lainnya.

Lopez menerima tepuk tangan meriah dari penonton pada final di tempat Olimpiade Paris, sebelum sang legenda meletakkan sepatunya dalam sedang matras. Hal ini menjadi sebuah tradisi bagi pegulat yang sudah ada pensiun. “Kita harus memberi ruang bagi anak-anak muda yang tersebut sedang naik daun untuk memverifikasi keberlanjutan. Gulat sudah menjadi cinta pada hidupku, sepanjang hidupku,” ujar Lopez.

AFP | ANTARA

Pegulat Kuba Mijain Lopez Nunez berpose dengan medali emas yang tersebut merupakan medali emas Olimpiade keempatnya di seremoni medali pada Makuhari Messe Hall A, Chiba, Jepang, 2 Agustus 2021. (REUTERS/PIROSCHKA VAN DE WOUW).

Related Articles

Back to top button