SEPAK BOLA

Nova Arianto Ungkap Sejumlah Kesulitan Timnas U-17 Indonesia Usai Dua Kali Uji Coba Lawan India

Jakarta – Nova Arianto mengungkapkan berbagai hambatan yang masih menjadi pekerjaan rumah Timnas U-17 Indonesia usai melakoni dua kali uji coba melawan India. Hal ini, kata dia, akan dievaluasi untuk menghadapi kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Garuda Muda meraih kemenangan 3-1 melawan India pada laga pertama yang mana berlangsung di area Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu, 25 Agustus. Namun, pada laga kedua, merekan harus mengakui keunggulan India 0-1, Selasa, 27 Agustus.

Pada pertandingan pertama, Nova mengumumkan ada dua permasalahan utama yang dimaksud dimiliki para pemainnya, yakni menjaga fokus selama permainan serta komunikasi. Kini, pada pertandingan kedua, ia kembali menemukan kesulitan baru, yakni persoalan menjaga ritme pertandingan.

“Setelah kami libur selama beberapa bulan, mempengaruhi performa para pemain. Jadi, secara ritme permainan saya belum mendapat ritme pick yang tersebut sesuai dengan yang dimaksud kami lakukan di dalam Piala AFF U-19. Termasuk waktu malam ini, kami meninjau sejumlah pemain yang tersebut melakukan kesalahan passing,” ujar ia seusai pertandingan kedua melawan India dikutipkan dari keterangan audio kelompok media PSSI.

“Selain itu, hari ini banyak pemain yang dimaksud salah mengambil keputusan, melepas bola, lalu masih sejumlah melakukan kesalahan. Hal ini menjadi pembelajaran kami agar ke depannya bisa jadi lebih besar baik. Kita bisa saja meninjau India bermain baik juga melakukan taktiknya compact defend. Bagaimana kami bisa jadi membongkar taktik yang dimaksud itu yang dimaksud lebih banyak penting,” kata Nova menambahkan.

Juru taktik berusia 44 tahun itu bersyukur dapat mengetahui berbagai kekurangan yang disebutkan berjauhan sebelum kualifikasi Piala Asia U-17 2025 bergulir. Ia juga merasa lega lantaran dapat mengamati beberapa pemain sebelumnya tak bermain bisa saja tampil pada pertandingan semalam.

“Saya bersyukur bisa jadi mengawasi situasi yang saya sebutkan sebelumnya. Itu menjadi masukkan berharga untuk pasukan pembimbing dan juga menjadi unsur evaluasi agar ke depannya dapat lebih tinggi baik lagi,” ucap Nova.

Timnas U-17 Indonesia akan kembali ke Ibukota sebelum bertolak ke Spanyol juga Qatar untuk menjalani pemusatan latihan. Setelah itu, regu asuhan Nova Arianto terbang ke Kuwait memulai kiprahnya pada kualifikasi Piala Asia U-17 2025 pada 19-27 Oktober 2024.

Related Articles

Back to top button