SEPAK BOLA

Manchester City Juara Community Shield Usai Meraih kemenangan Drama Adu Penalti berhadapan dengan Manchester United

TEMPO.CO, Ibukota Indonesia – Manchester City berhasil menjadi pemenang laga Community Shield pasca mengalhkan Manchester United pada pertandingan  di Stadion Wembley, Sabtu, 10 Agustus 2024. The Citizens menang lewat drama adu penalti 7-6 menghadapi Manchester United pasca kedua kelompok bermain imbang 1-1 selama waktu normal.

Gol Manchester United dicetak Alejandro Garnacho pada menit ke-82. Kemenangan gemilang yang telah dalam depan mata sirna. Manchester City mencetak gol balasan lewat Bernardo Silva pada menit ke-89.

Pada laga ini Pep Guardiola menurunkan Ederson, sebagai penjaga gawang, pasca sempat diterpa rumor hengkang ke Kejuaraan Arab Saudi. Rico Lewis, Manuel Akanji, Ruben Dias, lalu Josko Gvardiol tampil menjadi empat pemain belakang yang digunakan mengawal Ederson. Sementara itu, di area lini sedang Man City tiga pemain yang diturunkan Pep Guardiola adalah Nico O’Reilly, Mateo Kovacic, juga James McAtee.

Pada laga kali ini, Oscar Bobb tampil sebagai sayap kanan, Jeremy Doku di tempat sektor kiri. Erling Haaland menjadi penyerang utama.

Di kubu Manchester United, Mason Mount dipasang Erik ten Hag menjadi penyerang utama, didukung Amad Diallo, Bruno Fernandes, serta Marcus Rashford. Kobbie Mainoo juga Casemiro mendapat peran sebagai double pivot, sebagai penyeimbang lini depan lalu lini belakang.

Andre Onana kembali menjadi penjaga gawang Setan Merah. Ia mendapatkan pengawalan dari Diogo Dalot, Harry Maguire, Jonny Evans, juga Lisandro Martinez.

Salah satu kesempatan terbaik Man City lahir pada menit ke-21, ketika Oscar Bobb sukses menyeberangi Lisandro Martinez lalu Jonny Evans, tetapi sepakannya belum berhasil membuahkan gol untuk The Citizens. Hanya berjarak tiga menit, Oscar Bobb memberikan umpan matang untuk James McAtee, yang tersebut kemudian sepakannya harus membentur tiang gawang.

Manchester United mendapat kesempatan emas dari Amad Diallo yang mana bekerja sebanding dengan Bruno Fernandes kemudian Casemiro, tetapi ia gagal memanfaatkannya menjadi gol. Pada menit ke-36, giliran Marcus Rashford yang digunakan berpeluang mengakibatkan Setan Merah unggul, tendangannya gagal berbuah gol pasca melenceng dari gawang The Citizens, hingga sesi pertama berakhir skor 0-0 tidaklah berubah.

Pada sesi kedua, pendukung Setan Merah sempat bersorak ketika Bruno Fernandes mencetak gol di area menit ke-54, tetapi hakim garis mengangkat bendera tanda offside. Gol pemecah kebuntuan baru tercipta di tempat menit ke-82, ketika Alejandro Garnacho yang dimaksud baru masuk pada menit ke-59, sukses menyempurnakan umpan Bruno Fernandes.

Gol ini memproduksi Alejandro Garnacho (20 tahun 40 hari), menjadi pemain termuda yang mana mencetak gol pada event Community Shield setelahnya Cesc Fabregas (18 tahun 95 hari) pada 2005, dan juga yang mana termuda untuk Man United pasca George Best (19 tahun 84 hari) pada 1965.

Pesta Setan Merah tak bertahan lama, di tempat menit ke-89 Bernardo Silva menghasilkan kedudukan menjadi 1-1, setelahnya berhasil meneruskan umpan Oscar Bobb. Hasil imbang 1-1 memproduksi pertandingan dilanjutkan ke fase adu penalti, The Citizens berhasil menang 7-6 melawan Man United.

Hanya Bernardo Silva yang gagal dari kubu Man City, sedangkan Kevin De Bruyne, Erling Haaland, Savinho, Ederson, Matheus Nunes, Ruben Dias, juga Manuel Akanju sukses menjalankan tugasnya.

Di kubu Manchester United, tercatat Jadon Sancho juga Jonny Evans gagal menjalankan tugasnya, sementara Bruno Fernandes, Diogo Dalot, Alejandro Garnacho, Casemiro, Scott McTominay, lalu Lisandro Martinez sukses menjadi algojo.

Related Articles

Back to top button