SEPAK BOLA

Kata Shin Tae-yong Soal Kemungkinan Jens Raven Dipanggil ke Timnas Indonesia Senior

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tak mau buru-buru memanggil Jens Raven bergabung ke skuad pasukan senior. Ia akan mengantisipasi striker FC Dordrecht U21berusia 18 tahun itu matang dari segi fisik, teknik, lalu mental terlebih dahulu.

Raven baru sekadar menjadi buah bibir pasca ia tampil gemilang sama-sama skuad Timnas U-19 Indonesia asuhan Indra Sjafri. Dia turut membantu Tim Merah Putih menjadi juara Timnas Indonesia U-19 juara ASEAN U-19 Boys Championship 2024 atau yang dimaksud bernama Piala AFF U-19 2024 dalam Surabaya beberapa waktu lalu.

Pada pergelaran itu, Raven mencetak empat gol serta tiga assist dari lima laga. Salah satu golnya terjadi pada laga final melawan Thailand U-19 dalam Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, yang mana berakhir 1-0.

Penampilannya yang gemilang pada Timnas U-19 Indonesia membuatnya digadang-gadang akan naik kelas ke level senior. Namun, ketika disinggung masalah kesempatan penyerang muda itu bergabung ke senior asuhannya, Shin menekankan dirinya bukan ingin terburu-buru memasukkannya ke skuad senior.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyaksikan anak didiknya berlatih jelang pertandingan Kualifikasi Piala Planet 2026 di dalam Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Minggu, 9 Juni 2024. Timnas Indonesia akan melawan Filipina pada pertandingan ke-6 Grup F Kualifikasi Piala Global 2026, Selasa 11 Juni 2024 pada Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). ANTARA/M Risyal Hidayat

“Saya dulu lihat, berangkat segera ke Belanda, pemain yang disebutkan saya lihat ada kekurangan, jadi harus step by step,” kata Shin ketika ditemui awak media pada waktu dirinya menonton laga Kejuaraan 1 Indonesia 2024/2025 antara Malut United melawan Persebaya Surabaya pada Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2024.

Pelatih jika Korea Selatan itu menyatakan hal itu dilakukannya dikarenakan tak ingin memberikan beban berat untuk Raven yang mana ketika ini sedang mengalami perkembangan bersatu pasukan muda asuhan Indra Sjafri.

“Kita memproduksi suasana yang mana baik agar ia up sendiri kemudian jangan sampai ia tidak ada fokus meningkatkan peluang serta kemampuan dia. Jadi kita lihat proses beliau seperti apa,” kata beliau menambahkan.

Shin Tae-yong akan mengatur Timnas Indonesia senior yang tersebut akan berlaga untuk pertama kalinya di tempat kualifikasi ronde ketiga Piala Global 2026 zona Asia pada September mendatang.

Raven sebelumnya juga sudah mengungkapkan bahwa ia ingin meniti karier internasionalnya bertahap. Dia ingin fokus pada beberapa jumlah target sama-sama Timnas U-20 Indonesia. Akan tetapi, ia merasa terhormat apabila dipanggil untuk menjadi pemain timnas senior. 

“Saya pikir, saya masih punya beberapa target yang tersebut ingin dicapai sama-sama regu U-20, jadi saya ingin fokus di tempat sini. Namun, jikalau saya mendapat kesempatan untuk tampil dalam kelompok senior, itu akan jadi kehormatan yang mana luar biasa,” ujar Raven seusai laga final Piala AFF U-19 2024 pada Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin, 29 Juli 2024.

“Saya ingin melangkah secara bertahap. Saya senang dikarenakan berada dalam kedudukan yang tersebut tepat pada waktu ini, dengan regu U-19 serta U-20,” kata dia.

Timnas Indonesia akan melawan Arab Saudi di laga putaran ketiga kualifikasi Piala Bumi 2026 zona Asia dalam Stadion King Abdullah Sport City, Jeddah pada 6 September pukul 01.00 Waktu Indonesia Barat pada laga pembuka. Setelah itu, Skuad Garuda akan memainkan laga kandang melawan Australia di dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno, DKI Jakarta pada 10 September.

Related Articles

Back to top button